Love . Laugh . Life . Travel . Backpacker . Kuliner

Latest Posts

Mengukir Cerita di Negeri Laskar Pelangi

By 20.00

Berawal dari obrolan ringan jam istirahat kantor Saya dan beberapa rekan kerja merencanakan untuk liburan bersama.
Awalnya kami bingung akan merencanakan pergi kemana. Lalu melihat ke kalender yang ada di meja kebetulan tanggal 8 Februari adalah tanggal libur nasional Tahun Baru Imlek. Check tiket pesawat online kebetulan dapet harga sekitar tiga ratus ribuan. Hanya saja tidak langsung kamii book tiketnya karena personil yang akan pergi masih meragukan.

H-3
Fix booking tiket pesawat Pangkalpinang tujuan Belitung.
alhamdulillah rezeki dapet tiket pesawat murah cuma Rp 240.000,00 pergi dan pulang dengan harga yang sama. okay liburan kita jadi.

Sabtu 6 Februari 2016
Hari ini kami masih harus masuk kerja karena Sabtu dikantor saya tidak ada libur.
Hanya saja kami dikasih dispensasi setengah hari sebelum jam keberangkatan 14.00

jam 12:30
Bandara Depati Amir
Mereka adalah rekan kerja saya di kantor. PT. Istana Agung Babel
Dora, Hermawan, Rico, Endi bersama teman wanitanya
Liburan kali ini bisa dikatakan mendadak karena mainset kami kalau direncanakan pasti tidak akan jadi.

15:30 Arrived Safely di Bandara H.A.S.Hanandjoeddin, Belitung

Sampai di Belitung kami sudah di sambut driver rental mobil yang sudah kami hubungi sebelumnya. untuk para pelancong yang berencana ke belitung usahakan untuk mempersiapkan segala sesuatu termasuk transportasi. Di Belitung akan sangat sulit angkutan umum apalagi kalau malam. Hanya dijalan-jalan tertentu saja.
Rental mobil di hari biasa biayanya sekitar Rp 250.000,00 - Rp 300.000,00 perhari. tidak termasuk harga di hari besar/ hari libur panjang biasanya sekitar Rp 350.000,00.
Disana juga ada sewa motor perhari bisa merogoh kocek sekitar Rp 50.000,00 - Rp 75.000,00 Perhari.
Untuk masalah penginapan jangan khawatir, di Belitung banyak penginapan dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari Rp 150.000,00 - Rp 250.000,00. Fasilitas untuk harga paling murahpun sudah ada AC dan Kamar Mandi di dalam, Tempat Tidur ukuran 2 dan untuk penambahan extra bed bisa sekitar Rp 60.000,00
terjangkau bukan?
Saya dan sahabat menginap di Hotel mustika tepatnya di Jl. Sudirman Pangkal Lalang, Tanjung Pandan. sewa kamar permalam Rp 180.000,00. Dalam 1 kamar kami bertiga wanita dan 1 kamar lagi untuk 3 laki-laki.
Istirahat di hotel.
Sabtu malam kami nikmati jalan-jalan keliling kota Tanjung Pandan dan duduk di pinggir pantai Tanjung Pendam. Di Belitung kalau malam hari Suasana malam ramai di Pantai karena di fasilitasi dengan cafe-cafe dan live music.
jam 22.00 kami kembali ke hotel. Istirahat untuk perjalanan besok siang.

Minggu 7 Februari 2016
Hari yang cerah. Perjalanan kami pagi hari ini masih di seputaran Kota TanjungPandan karena jam 13.00 kami masih harus jemput 1 orang teman yang menyusul ke Belitung dari Pangkalpinang.
Danau Kaolin
Pesisir Tanjung Pendam
Jam 12.00
Pemandangan indah di Warkop dan Seafood Sari Dini
Setelah menjemput salah satu sahabat kami. Tujuan pertama perjalanan kami adalah makan siang tentunya. Panggilan alam perut mulai lapar segera lah yang punya badan untuk menunaikan kewajibannya.
Makan siang di Warung Kopi dan Seafood Sari Dini di manggar.

Lanjutkan perjalanan ke Museum Kata Andrea Hirata. di Dalamnya banyak sekali galeri-galeri buku bacaan, pernak pernik jadul, frame laskar pelangi, juga warung kopi seperti warung kopi tempo dulu.

Berpose di depan pintu masuk Museum Kata Andrea Hirata
Setelah puas melihat-lihat galery kami lanjutkan perjalan ke SD Muhammadiyah Gantong, Belitung Timur.
Selama ini cuma liat di TV dan dengar cerita orang. akhirnya bisa mengabadikan momen di sini. hahahha...

Cuaca tidak mendukung hari itu. Hujan lebat mengguyur kota TanjungPandan. Hujan yang merata.
Di hotel Mustika kami hanya sampai Senin pagi. Lalu Senin pagi kami pindah ke Grand Pondok Impian II. Kami order cottage fasilitas Sofa, Bed no. 1, bathup, shower, TV, Kulkas, Ac dan sarapan untuk 2 orang. Biaya yang dikeluarkan permalam lumayan murah kurang lebih sekitar Rp 350.000,00. Dan sangat RECOMENDED ! Noted
Karena kami bertujuh kami hanya sewa 1 cottage dan order extrabed. cewe-cewe di kasur berempat. dan Cowo-cowo di sofa dan extra bed.
Kami adalah backpacker mewah #ups

Suasana di Grand Pondok Impian II
Senin 8 Februari 2016
Dari subuh hari sampai pagi hujan lebat mengguyur Kota Tanjungpandan.
Harap-harap cemas padahal agenda Hari ini adalah wisata ke Pulau Lengkuas. Jam menunjukkan pukul 10.00, hujan tak kunjung reda. Nelayan yang sudah kami booking kapal sbeelumnya membatalkan untuk nyebrang ke Lengkuas dikarenakan angin dan gelombang yang tak kunjung mendukung. Akhirnya kami mengganti wisata kami keliling ke pantai Tanjung Tinggi. Air Laut tidak seperti biasanya, keruh dan anginnya kencang, gelombangnya besar. Pantainya tidak seperti ekspektasi. Saran Saya jangan ke Pantai atau Pulau di bulan-bulan Oktober sampai Maret berpotensi kekecewaan seumur hidup.

Setelah jalan di Tanjung Tinggi kami melanjutkan perjalanan ke wisata Air Terjun Batu Mentas yang ada di Kecamatan Badau sekitar 30 KM dari kota Tanjung Pandan.
Lumayan lah untuk mengobati sakit hati karena gagal planning.
Biaya masuk ke Wisata batu Mentas Rp 10.000,00 /orang
di Pos nanti kalian akan ditawarkan paket Guide untuk rombongan skala besar. Hanya saja Saya lupa biayanya.
Saya dan teman-teman memutuskan untuk tidak pakai Guide dan hanya sewa Ban Rp 20.000/orang. Karena budget yang mulai menipis.
Happy Face for Happy Moment

Kami pulang tepat pukul 17.00 dari Batu Mentas dan sampai di penginapan menjelang Malam.
Sedikit Share management keuangan saat di Belitung kemarin. kiblat traveling kami sepertinya lebih ke backpacker karena segala sesuatu sudah kami perhitungkan. Mulai dari tiket PP pesawat perkepala Rp 500.000. Uang makan untuk sarapan pagi Rp10.000,00 x 3 hari, Makan siang Rp 25.000,00 x 3 hari dan makan malam Rp 25.000,00 x 3 hari.
Biaya Rental Mobil 3 hari Rp 900.000,00 dibagi orang 7.
Hanya saja tetap siapkan uang tak terduga yang mungkin saja bisa dibutuhkan sewaktu-waktu misalnya pengen makan enak tapi harganya mahal. hahaha ..

Selasa 9 Februari 2016
Hari teakhir di Belitung. Berkemas dari cottage jm 09.00 kami masih harus keliling untuk cari oleh-oleh dan sarapan pagi diluar.
Seperti biasa cuaca diluar hujan gerimis.
Kami mengunjungi Rumah Adat Belitung yang beralamat di Lesung Batang TanjungPandan.
Disana ada artefak seni, kebudayaan, baju adat, dan ciri khas dari Belitung. Menyenangkan bisa mengenal adat Belitung.

15.30 Bandara H.A.S.Hanandjoeddin, Belitung
Kami siap untuk pulang. Walau pun sedikit kecewa tapi karena perginya dengan partner in crime segala sesuatu menyenangkan 4 hari 3 malam yang berkesan. Penuh cerita,tawa dan canda. Semoga kita bisa liburan ke tempat lain sama-sama lagi. Love you My Partner in Crime
Dan Terima Kasih untuk Maryanti, Nono dan Adjie yang sudah menjadi Tour Guide gratisan kami selama di Belitung. Akan kami kenang jasa-jasamu.