Love . Laugh . Life . Travel . Backpacker . Kuliner

Latest Posts

Monica Ranita

By 04.56

Nama lengkapku Monica Ranita.
aku baru saja selesai makan siang hari Jumat jam 12:00 di rumah salah satu mekanik yang kerja di Kantor ku, Frendika. karena ibunya buka warung nasi yang harganya lumayan irit lah buat karyawan seperti saya..
jalan ke arah rumahnya melewati jalan setapak kecil yang disisinya saya juga berpapasang dengan beberapa anak-anak perempuan berumur sekitar 7-10 tahun.
saya jadi punya inspirasi mengenai masa kecil saya dulu waktu tinggal di kota Palembang. Rumah nenek saya dulu ya hampir mirip dengan daerah rumahnya Frendika,jalan setapak kecil dan banyak anak-anak di dalamnya. rumahnya berdempetan dengan rumah lainnya
Mama dan para tetangga biasa panggil namaku Rani atau Ani, senyaman mereka memanggilku lah kira-kira.
dulunya aku merasa seperti kepala genk di sana. karena yang lainnya berumur di bawahku rata-rata termasuk adik perempuanku,Citra. Kami sering main Kasti di lapangan kecil milik tetangga atau sekedar main Benteng. Masa kecilku dulu begitu banyak mainan tradisional bukan seperti jaman sekarang serba Gadget. Ditanyain tentang mainan tradisional sekarang anak kecil masa kini mana tahu. dan mereka merasa lebih modern dengan Gadget. Nah orang tua jaman sekarang malah cupu sama gadget ._____.
Dulu biasanya kita main Cak lengkeng,Dakocan,Tosan,Wong-wongan(dalam bahasa Palembang),Benteng,'Uri'an,Tekupan, wahhh pokoknya kalo disebutin satu-satu nggak akan ada habisnya deh tentang mainan tradisionalku dulu.

Cak Lengkeng itu salah satu permainan di tanah,pertama-tama pemain harus gambar bentuk persegi bertingat dengan bentuk yang bermacam-macam,seperi rumusan kubus atau seperti gambar baju. pemainnya harus menyiapkan baru pipih sebagai alat dalam permainan yang harus dilempar ke setiap kotak menurut tingkatannya. mereka akan beradu dengan lawan main siapa yang lebih dulu sampai ke finish dengan catatan mereka tindak boleh sentuh garis batas di setiap kotak.

Dakocan permainan menggunakan wayang plastik atau sejenis gambar hewan berbahan dasar plastik keras dan pipih. dalam sekli genggaman plastik berisikan beberapa jenis dakocan yang setelahnya dihambur ke lantai. lalu pemainnya akan menepis antara 1 dakocan ke dakocan lainnya dengan salah satu bagian jari tangan (biasanya jempol). kalau kena artinya dakocan itu bisa jadi milik kita. Biasanya Dakocan juga bisa dimainkan dengan menggunakan Bola Bekel.

Tosan . hmmmm sebenarnya namanya agak rancu. aku juga menamai ini karna dulu setiap main sering gitu. bilang ke temen "yuk kito main tosan... "
ahahah .. sebenarnya itu sejenis permainan dengan alat berbahan dasar kertas bergambar. biasanya tokoh jaman dulu kalo nggak power rangers ya robot-robotan. Dipercaya dulu setiap pemain unggul dalam kisahnya di Tv bakal ngaruh ke kartu andalan (sebut saja dengan Oncak)
Oncak itu artinya kartu keberuntungan. yang dipercaya kalo kamu pake kartu itu bakal menang terus dan kamu bisa mendapatkan banyak kartu dari lawan mainmu
kadang juga sampe dijampi-jampi pake ayat yang ga jelas biar menang terus.

Wong-wongan (Orang-orangan) ,jenis permainan menggunakan bahan dasar kertas juga yang agak sedikit tebal, tokoh yang jadi orang-orangan itu biasanya putri-putri kerajaan seperti barbie atau Sailor Moon. Mereka biasanya di dandani dengan kostum-kostum seperti gaun malam,tas,dll tapi semua pernak perniknya juga pakai kertas. cukup dengan melipat 2 bagian sisi atas gaun dilengketkan ke bagian bahu boneka kertas. dan disini mereka yang memainkan perannya harus aktif dari mulai ngomong sendiri sampe kreatif tentang fashion ala anak  desa .____.

Benteng sejenis permainan penjaga rumah gitu. 1 tim biasanya 3-4 orang dan isinya ada 2 tim . setiap tim harus punya markas sendiri buat dijaga contohnya tiang jemuran,pohon atau sejenis tiang yang berdiri kokoh. nah cara mainnya adalah salah satu orang harus memancing lawannya keluar. waktu lawan keluar siapa yang bisa narik ke markas nya maka dia harus ditahan dimarkas lawan sampai ada temannya yang nolong buat keluar dari benteng lawan. dalam permainan ini siapa yang ninggalin benteng tanpa penjaga makan biasanya langsung dikuasai oleh lawan sambil teriak BENTEEEENGGGG !!!!! maka saat itulah tim kamu menang .

Tekupan sejenis permainan dengan cara salah satu orang harus menutup mata nya hingga hitungan yang ditentukan. dan beberapa lainnya sembunyi ke tempat aman sampai pemainnya menemukan dia di sana. waktu kamu temukan temanmu yang sembunyi kamu harus baik ke titik utama sebagai penyataan bahwa dia kalah dan kamu menemukannya. Nah bagi yang tidak ketemu,bisa langsung ke titik awal untuk menyatakan diri gagal ditemukan. Just simple game :)

Uri'an may be same like run away , lari sekencang-kencangnya sampe lawanmu tidak bisa sentuh kamu. trus jongkok biar kamu bisa selamatkan dirimu dari lawan.
udahan ah.. capek ngetik

You Might Also Like

0 komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.