Love . Laugh . Life . Travel . Backpacker . Kuliner

Latest Posts

Taj Mahal

By 21.08

Tentang Taj Mahal :

  • Lokasi : Agra, Uttar Pradesh, India bagian Utara, di Tepi Sungai Yumna.
  • Di bangun selama 22 tahun (1631-1653 oleh Shah Jahan, Maharaja kelima dari Dinasti Mughal India
  • Tinggi Bangunan 55 meter
  • Kubah berdiameter 18 meter dengan ketinggian 44 meter
  • Shah Jahan pernah berencana untuk membangun makam bagi dirinya,Taj Mahal berbahan dasar pualam hitam, berhadapan dengan Taj Mahal: Mumtaz i-Mahal
  • Taman Taj Mahal, Charbagh, dirancang sedemikian rupa sehingga mencitrakan empat elemen surga-air,susu,madu,dan anggur- yang mengalir abadi.
  • Kaligrafi di Taj mahal mencantumkan 15 surah dalam Al-Quran
  • Pada 1983 UNESCO menetapkan Taj Mahal sebagai tujuh Keajaiban Dunia
  • Beberapa pihak di Eropa mengklaim bahwa pendesain Taj Mahal adalah seorang arsitek Italia, Geronimo Veroneo
  • Tidak ada waktu kunjungan bagi wisatawan pada hari Jumat namun orang Muslim diperkenankan menunaikan shalat Jumat di Masjid Taj Mahal.


Siapa pernah menyangka di balik keindahan dan kesucian cinta yang tercermin dari Taj Mahal,tersimpan keangkuhan hati manusia? Atau,pernahkan kita menduga ketulusan cinta Shah Jahan kepada Arjumand Banu,Mumtaz Mahal sang Penghias Istana,harus ternoda oleh ssi gelap nan menyakitkan ?

Tatkala Taj Mahal selesai di bangun,kesultanan Mughal justru terkoyak dari dalam istana. Perseteruan dua anak Shah Jahan,Dara dan Aurangzeb,dalam memperebutkan Singgasana Merak kesultanan makin memanas dan mencapai puncaknya ketika Aurangzeb melakukan pemberontakan. Aurangzeb lalu memenggal kepala Dara dan menunjukkannya di hadapan sang Ayah,Shah Jahan.

Maka berulanglah sebuah pengkhianatan terhadap hukum timur yang diciptakan leluhur mereka, Timur I-Leng: " Jangan sakiti saudaramu,meskipun mereka mungkin layak mendapatkannya". ini tak ubahnya sebuah karma akibat Shah Jahan membunuh saudaranya,Khusrav,demi mengamankan kekuasaannya.

Novel ini menyajikan kisah Taj Mahal dari sudut pandang berbeda,dimana cinta dan kesetiaan berbalut nafsu angkara akan takhta. melanjutkan tradisi penggambaran indah John Shors dlam TajMahal: Kisah Cinta Abadi (MIzan, 2006),pembaca diajak menikmati eksotika India masa silam dengan segala kegemerlapannya.

You Might Also Like

2 komentar

  1. wah, kapan ya saya bisa melancong ke India
    pengen banget ke Taj Mahal

    BalasHapus
  2. amin.. didoakan om.
    apalagi saya.. baca bukunya aja udah luar biasaaaaa khayalan liat megahnya taj Mahal. sesuatu banget kata syahrini hahaha

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.