Love . Laugh . Life . Travel . Backpacker . Kuliner

Pulau Tidung

By 08.33

haiii blogger..
sekedar berbagi pengalaman menginjakkan kaki di pualu indah nan damai di Kabupaten Kepulauan Seribu,Jakarta

Jumat pagi saya take off ke Jakarta dengan pesawat Sriwijaya tepat jam 06:45 penerbangan pertama dari Bandara Depati Amir PangkalPinang Bangka.
di Soetta saya janjian bertemu dengan kakak saya,dia bersama 9 orang rekan kerjanya dari teller BNI 46 Palembang.

Sekitar jam 8 kita meluncur menuju peristirahatan pertama berjarak 15 menit dari Mall Taman Anggrek Menara Peninsula Hotel Jalan Letjen S Parman 78 Slipi Palmerah .

sejenak istirahat kami melanjutkan perjalanan sedikit shopping ke Thamrin City lumayan kan ...
Sabtu pagi jam 08:00 kita sarapan dulu sebelum harus check out hotel ..
lanjut kami menuju Pelabuhan Marina Ancol karena kami akan naik speedboat menuju Pulau Tidung
itu pun masih harus antri naik karena melonjaknya wisatawan asing maupun domestik mengakibatkan rumitnya administrasi antrian boat. untuk biaya boat bisa merogoh kocek sekitar 125.000
sebaiknya lain kali sebelum berpergian persiapkan diri ketika tahu bahwa untuk menuju Pulau tak semudah yang dibayangkan. pastikan Anda sudah Booking antrian

Lama perjalanan menggunakan boat sekitar 1.5 jam tidak terlalu lama tapi bagi yang tidak tahan ombak sebaiknya menghindari atau segera minum obat anti mabuk :)

tiba di Pelabuhan Pulau Tidung sekitar pukul 14:00
Di sana tidak saya jumpai hotel yang ada hanya rumah singgah (homestay) di daerah Kampung Selatan
setiap rombongan biasanya tinggal dalam 1 homestay,kebanyakan sudah di book sama pihak travel.
saran saya sebaiknya jika anda menggunakan jasa Travel pastikan akomodasi selama di Pulau terkontrol dan dipandu..
kendaraan di sana selain sepeda juga ada bentor sebagai alat transportasi

i love this pict ..

Kami langsung menikmati suasana siang menjelang sore di pantai Utara lumayan agak melelahkan berjalan dari homestay menuju pesisir. bersama rombongan saya sempatkan mengambil moment ini di tengah lorong perkampungan menuju pesisir pantai utara

dan ini view kapal nelayan merapat. di mana kami akan bersiap naik kapal. oh iyaaa sebelum berangkat sebaiknya bawa biskuit atau roti juga minum. Roti gunanya buat kasih makan ikan2 di laut waktu snorkling.

menggunakan kapal nelayan kami bersebelas menggunakan pelampung dan peralatan snorkling
sekitar 15 menit perjalan ke tengah dari pesisir karena karangnya terlihat agak jauh dari Pantai Utara.
daaaaaannnn...

Subhanallah .. indah sekali

sekitar 1 jam kami menikmati indahnya alam bawah laut sambil kasih makan ke ikan2 kecil di bawah laut,karang,air yang biru ..
setelah puas snorkling kami melanjutkan perjalanan kapal dengan baju yg basah menuju ke Jembatan cinta ..
di sana banyak sekali wahana Air yang lumayan menyenangkan,banana boat,donat air,cano,dll
untuk biaya setiap permain seharga 35.000

what a wonderfull view ..

cukup melelahkan .. dan kami memutuskan untuk pulang menggunakan bentor dari jembatan cinta menuju Homestay. tak perlu menggunakan kapal lagi. karena ternyata homestay kami berada di daerah Tidung Besar. dan kami menyelamatkan hidup dengan Becak motor

makan malam ...dan istirahat cukup untuk melanjutkan perjalanan besok .
Minggu pagi jam 08:00 Kami sudah bersiap2 dengan sepeda yang sudah dipersiapkan oleh pihak Travel

keliling mengitari Pulau Tidung dan selanjutnya kami menuju Jembatan Cinta (lagi)
Jembatan ini penghubung Antara Tidung Besar dan Tidung Kecil
konon katanya siapa saja yg lompat dr jembatan ini bisa dapet jodoh hahahaha ..
mitosnya Juga .. dulu ada Raja Kalimantan yang terdampar karena lari dari penjajah dan terdampar di Pulau Tidung beliau tinggal sampai akhir hayatnya ..
begitu lah kira2 kutipan mitos dari Abdi,Guide yang setianya menemani kami keliling2 pulau..

beginilah suasana parkiran sepeda dipesisir pantai
sepeda2 para wisatawan tersusun rapih dan aman di sini. biaya parkirannya Rp 2.000/ sepeda. di kawasan ini juga disediakan WC umum ..

Kami pun dengan antusias segera mungkin mengabadikan beberapa moment dan view di sekitar pantai karena hari Minggu siang ini terakhir menginjakkan kaki di Pulau ini.
berama 8 orang lainnya saya melewati jembatan Cinta sampai ke Pulau Tidung kecil

ahahaha maaf agak eksis dikit maklum blog sendiri selain ajang promosi wisata juga ajang pamer gaya :p
nyehehehe ...

yah puas menelusuri jembatan agaknya tubuh sedikit belang dan gosong.
jangan lupa buat temen-temen yang akan berlibur ke daerah pantai siapkan Sunblock atau sejenis lotion UV
atau penutup wajah seperti Topi pantai dan kacamata ..
jam 12 kami kembali ke parkiran sepeda tapi menyempatkan untuk makan Bakso Malang

You'll find this when you go there ..
tepatnya di pojokan dekat parkiran sepeda.
1 mangkoknya 10.000 harga ini per Maret 2013 hehehe

Makan siang selesai hanya sekedar isi perut untuk persiapan pulang ke peradaban ..
yeiy bye bye Jembatan Cinta dan seisinya ...

Kami packing prepare pulang dan menuju ke Pelabuhan tempat dimana kami merapat pertama kalinya.
Kali ini kami memutuskan Naik Kapal Tongkang,pernah bayangkan ?
keadaannya berbeda sekali dengan boat yang pertama kali kami naiki.
Kapal dengan Navigasi manual dan insting Sang Nahkoda ini seharga Rp 33.000/penumpang
lama perjalanan menggunakan kapal ini sekitar 2.5 jam lumayan agak penat . selain duduk lesehan dan padat kamu tak bisa temui lahan kosong buat tidur-tiduran kecuali teman sebelahmu memberikan pinjaman bahu untuk tidur.
Bagi Traveller yang ingin hemat waktu mereka bisa menggunakan boat harganya 4x lipat dari kapal ini.
Namun bagi para Backpacker mungkin mereka akan lebih memilih menggunakan kapal Tongkang selain bisa menikmati keindahan kepulauan gugusan Kepulauan Seribu..mereka juga bisa menghemat biaya hanya saja tidak hemat waktu. :D

Menggunakan kapal ini kalian tidak akan menemui Pelabuhan Marina Ancol tapi melalui Pelabuhan Muara Angke :)

Jam 3 Kami sampai di Jakarta dan langsung menuju Bandara Soetta untuk jam keberangkatan 18:45 dengan Pesawat Garuda Indonesia tujuan Palembang karena saya masih akan menghabiskan 1 hari penuh di kota kelahiran Palembang dan hari Selasa baru akan Pulang ke Bangka hehehehe

Thanks for very nice Holiday..
Thanks best sister in the world,Pritasari bersama para rekan Kerja di BNI 46 Palembang.
See you in next destination ..